mau masak di malaysia

Sabtu, 04 Oktober 2008

viola..halo apa kabar?
gimana lebaran? salam tempel?
lebaran tahun ini gw sekeluarga mudik ke jogja dan salatiga..
udah lama ga mudik sekeluarga naik mobil ke jawa.
biasanya kita ke bandung..
tahun kemaren gw dan bokap gw doang.. itu juga ke jogja dan kita naik bis..
udah dua tahun ga ke salatiga. ga ada yang berubah dari rumah itu. tapi kangen banget sama kenangan yang ada dirumah salatiga dan suasana disana.
mmm..berhubung kakek nenek dari nyokab gw udah meninggal, jadi keluarga gw dan keluarga sodara gw yang di bandung udah ga kesana dua tahun.

selama perjalan berangkat dan pulang.. gw selalu ngeliat peta.
mmmm berapa jauh yang udah gw lewatin dan berapa jauh lagi yang harus kita tempuh..
kemarin sewaktu gw ngeliat peta.. gw iseng-iseng negeliat peta kalimantan..
sewaktu melihat peta kalimantan gw jadi inget sesuatu.
jadi pas itu gw nonton metro realitas di metro tv.
acara tersebut sedang membahas mengenai daerah-daerah di indonesia yang rawan pencaplokan bangsa lain. daerah-daerah itu bisa pulau, laut ,dan wilayah perbatasan.
nah diacara tersebut lagi ngebahas wilayah perbatasan indonesia-malaysia.
miris banget deh.. wilayah perbatasan indonesia-malaysia cuma ditandain make batu.
dan batu itu juga cuma seukuran batu bata. malah gedean ukuran codet nyokab gw deh..

warga disitu biasa bertansaksi dengan ringgit dan rupiah, tapi meraka lebih sering make ringgit.
mereka jualan hasil pertanian dan belanja kebutuhan mereka di malaysia.
klo kata reporter metro tv,
"indonesia ibu pertiwi dan malaysia bapak pertiwi. ibu pertiwi yang melahirkan dan bapak pertiwi yang memberi nafkah".
hmmm... betul juga ya..
dan warga disitu lebih sering nonton acara di malaysia. karena sinyal TV dari stastiun TV di malaysia lebih kuat jadi mereka lebih tw berita-berita yang terjadi di malaysia daripada di indonesia.(sayang banget ya? padahal gosip dewi persik-saipul jamil , ahmad dani-maia , bambang trihatmodjo-mayang sari-halimah selalu hangat di bicarakan. ya walau masalahnya paling itu itu doang)
dan ada hal yang aneh tapi lucu..
disana banyak rumah yang di bangun di tengah-tengah gperbatasan indonesia-malaysia.
salah satunya ada rumah yang ruang tamunya di wilayah Indonesia dan dapur ada di wilayah malaysia..hahaha..
misalnya..
bapak: ibu mau kemana?
ibu: ibu mo ke malaysia (dapur) dulu.
atau
ibu: bapak ada dimana?
bapak: di indonesia lagi kongko-kongko neh.

miris ya?
pas warga di sana ditanya..
ngerayain kemerdekaan indonesia taw malaysia?
mereka ga merayakan keduanya.
tapi satu hal yang patut disyukuri.
sewaktu mereka ditanya mereka Warga negara indonesia atau malaysia?
mereka ngejawab indonsia.

0 komentar: